Pages

Ads 468x60px

Minggu, 22 Desember 2013

[Dorama/Anime] Mirai Nikki ANOTHER : World



Format : Renzoku
Genre : Drama, science-fiction, mystery, romance
Episodes : 11
Broadcast network : Fuji TV
Broadcast period : 2012-Apr-21 to 2012-Jun-30
Air time : Saturday 23:10-23:55
Theme song : Another World by Kou Shibasaki
Mirai Nikki Another:World adalah dorama yang diadaptasi dari manga dan anime berjudul Mirai Nikki oleh Sakae Esuno dengan sistem yang (hampir) sama dan karakter yang berbeda, meski beberapa masih bisa disamakan sama aslinya. Berbeda dari Mirai Nikki yang asli, ANOTHER:World karakternya udah pada kuliah. Mungkin karena tidak mungkin menunjukkan anak SMP yang bermain bunuh-bunuhan (versi anime).
Dorama ini bercerita tentang 7 orang pemilik HP Chronos Seed dan “Mirai Nikki” harus saling membunuh hingga hanya tersisa satu orang agar bisa bebas dan memiliki masa depan sesuai keinginannya.
***

Rangkuman dari episode pertamanya.
Akhir-akhir ini terjadi pembunuhan menggunakan penghancur es yang semua korbannya menggunakan HP yang saat itu sedang populer, Chronus Seed.
Arata Hoshino adalah seorang mahasiswa yang tidak peduli akan masa depannya. Suatu hari temannya Ouji Kosaka merusakkan HP-nya dan secara ajaib sang sahabat Rui Moriguchi memberikan dia HP Chronus Seed yang katanya sudah tidak ia pakai
Ada satu aplikasi di HP baru Arata yang namanya ‘Nikki’ (diari) dan begitu dibuka Arata langsung muncul flash, yang ternyata merekam fotonya. Nama aplikasi itu berubah dari Nikki jadi Mirai Nikki (diari masa depan) dan ngasih info random di sekitar Arata dan tentu saja useful seperti membuatnya menang lotere dan dapet jawaban buat tes yang akan datang.
Dia lalu bertemu dengan cewek aneh berambut pendek yang selalu memegang bola bekel, Yuno Furusaki yang bilang kalau masa depan Arata adalah miliknya. Cewek tersebut selalu mengikuti Arata sampai ketika dia sudah muak dan ‘mengusir’ Yuno, dia mendapatkan sebuah tulisan ‘DEAD END’ di aplikasi Mirai Nikki nya.
Ketika berniat menemui Rui di planetarium (yang mana dijelaskan di Mirai Nikki nya), tiba-tiba ia dikejar oleh seorang yang membawa penghancur es yang akan membunuhnya (tertulis juga di Nikki nya). Kemudian datang Yuno yang membantunya dan setelah banyak hal yang terjadi, ia bertemu Rui yang langsung pergi ke atas, menyelamatkan adiknya yang ternyata diculik, Haruna Okie.
Saat itulah muncul sebuah hologram di atas mereka yang mengaku sebagai Deus (Tuhan) dan berkata bahwa mereka (para pemilik HP Chronus Seed ber-Mirai Nikki) sudah tidak punya masa depan. Satu-satunya jalan untuk mengembalikan masa depan adalah dengan membunuh pemilik Mirai Nikki lainnya dan menjadi satu-satunya SURVIVOR.
Characters

Arata Hoshino (21): Adalah tokoh utama berdasarkan Yukiteru Amano dari Mirai Nikki. Tinggal di keluarga yang harmonis bersama seorang ayah dan ibu sampai dia mendapatkan HP Chronus Seed dan Mirai Nikki-nya. Ia tidak pernah mau membunuh pemilik Mirai Nikki lainnya dan berusaha mencari jalan agar semua orang selamat. Diarinya adalah diari random yang menjelaskan hal-hal di sekitarnya yang akan terjadi.
Cast: Masaki Okada

Yuno Furusaki (19): Tokoh utama berdasarkan Yuno Gasai dari Mirai Nikki. Gadis yang misterius. Begitu bertemu Arata langsung mengklaim bahwa masa depan Arata adalah miliknya. Ia selalu membawa bola bekel yang dikatakan pemberian Arata. Sama seperti Yuno Gasai yang punya diari Yukki, diarinya adalah “diari Akkun”, yang memberitahu tentang keseharian Arata, bedanya punya Yuno Furusaki lebih berguna karena waktu interval diarinya lebih cepat dari milik Yuno Gasai. Orang tuanya sudah meninggal, sehingga ia tinggal sendirian di rumahnya.
Cast: Ayame Gouriki

Rui Moriguchi (21): Ia adalah salah satu tokoh utama berdasarkan Aru Akise. Karena hanya berdasarkan, jadi tidak akan ada adegan ciuman (kalo terjadi burn Okada burn!) antara si Aru dan si Yuki. Sahabat Arata, orang yang memberikan Arata dan ketiga orang lainnya HP Chronus Seed agar bisa menyelamatkan adiknya, Haruna yang waktu itu diculik. Sangat merasa bersalah atas apa yang terjadi sehingga ia memutuskan untuk membantu Arata.
Cast: Kanata Hongo

Haruna Okie (19): Karakter yang paling saya gak suka selain karena sikapnya, juga karena dia adalah adik Rui (sebenernya itu alasan utama). Adik Rui yang tinggal terpisah setelah orang tua mereka bercerai.
Cast: Mayuko Fukuda

Kinjiro Hagito (33): Seorang polisi detektif, salah satu yang diberikan HP Chronus Seed oleh Rui. Ia juga menyelidiki mengenai Mirai Nikki dan tidak berpikiran untuk mengkhianati Arata maupun Rui. Sepupu Rui. Kalau lagi berdua saja Rui manggil dia “Kin-niichan”. Ia sering menjenguk seorang cewek berperban di kepala di rumah sakit. Sepertinya dia karakter berdasarkan Kurusu Keigo.
Cast: Yoshinori Okada

Tohru Kibe (55): Presiden dari perusahaan Chronus Seed. Disinyalir sebagai “Deus” oleh Kinjiro. Senyumnya mencurigakan dan kalau boleh keluar topik, gue familiar sama wajahnya, padahal jarang nonton dorama. Sepertinya dia karakter berdasarkan John Balks.
Cast: Shiro Sano

Ouji Kousaka (19): Berbeda dari Ouji Kosaka di Mirai Nikki yang asli, Ouji disini adalah seorang anak aneh yang nempel berat sama Arata dan Rui. Di balik itu semua dia setia kawan meski kadang acuhkan oleh mereka berdua. Dan dia, adalah orang yang menghancurkan HP Arata. Dia tidak pernah terlibat dengan permainan Deus.
Cast: Fuma Kikuchi

Kurou Hoshino (48): Ayahnya Arata-lah yang mendesain HP Chronus Seed. Sebelum meninggal beliau menceraikan istrinya karena sebuah alasan. Guess what, dia juga memiliki Mirai Nikki.
Cast: Ken Mitsuishi

Megumi Fuwa (17): Gadis SMA. Rui pernah bekerja sebagai tutor pribadinya, lalu kemudian ia memberi Megumi HP Chronus Seed dengan Mirai Nikki. Dulunya klub memanah sampai ia menolong seorang teman sekelasnya yang dibully.
Cast: Fumi Nikaido

Rinko Uehara (27): Cewek dengan perban di kepalanya yang dirawat di rumah sakit dan hampir setiap hari dijenguk Kinjiro.
Cast: Yuri Nakamura

Yosuke Okuda (24): Orang yang berusaha membunuh Arata. Pemilik Mirai Nikki. Juga pembunuh beralat penghancur es yang selama ini membunuh para pemilik HP Chronus Seed.
Cast: Yuta Hiraoka

Deus: Orang yang menciptakan permainan Mirai Nikki. Deus berasal dari bahasa Latin yang berarti “Tuhan”. Ia muncul melalui hologram dan berbicara dengan suara samaran.

***

1)    Tulisan di Mirai Nikki bisa berubah, dengan begitu masa depan bisa dirubah.
2)   Jika muncul “DEAD END” di HP-nya, pemilik Mirai Nikki harus membunuh pemilik Mirai Nikki lain agar status dead endnya menghilang. Belum jelas apa yang terjadi jika Dead End dibiarkan tanpa membunuh atau terbunuh (kalau mau tau, baca spoiler di bawah).
3)   Pemilik Mirai Nikki dianggap terbunuh dan menghilang jika HP-nya hancur.

***
Perbedaannya dengan anime :
1)     Nama karakter, baik utama maupun yang lainnya. Di versi anime, hero bernama Amano Yukiteru (Yuki) sedangkan versi live action bernama Hoshino Arata.
2)    Total player dalam survival game, dalam anime berjumlah 12 orang sedangkan live action hanya 7 orang.
3)    Di versi anime dijelaskan tipe-tipe diary dari masing-masing player, sedangkan dalam live action tidak (walaupun saya tau terdapat perbedaan tipe dari masing-masing diary player)
4)    Tokoh yang bernama Yuna tidak digambarkan memiliki 2 tipe kepribadian seperti yang ada dalam anime.
5)    Deus Ex Machina adalah God of Time and Space di versi anime, sedangkan dalam live action, Deus adalah AI dalam virtual world bernama Olympia yang memiliki misi membuat perfect world bagi player.
6)    Tokoh utama dalam anime tinggal bersama ibunya dimana sang ibu bekerja sebagai programmer, sedangkan dalam live action, Arata tinggal bersama kedua orang tuanya dan ibunya hanya ibu rumah tangga biasa (giliran beginian aja inget.. wkwkwk xD)
7)    Genre pada live action lebih menekankan pada sci-fi dan romance, sedangkan versi animenya adalah suspense, psychological, romance dan survival horror.
Walaupun memiliki perbedaan cerita, ternyata tetap punya beberapa persamaan seperti:
1)     Tokoh utama memiliki love interest yang berniat menjaganya, walaupun harus mengorbankan diri sendiri
2)    Terdapat tokoh detektif (atau polisi yak?) dan killer yang juga menjadi salah satu player dalam survival game (dalam versi anime, killer adalah Third dan detektif adalah Fourth)

0 comments:

Posting Komentar

 
Blogger Templates